Enter your keyword

post

Ujian Sekolah (US) Menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Ujian Sekolah (US) Menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)

Berita mengenai kepastian Ujian Nasional (UN) pada tahun ini, berdasarkan laman berita resmi kemdikbud (un.kemdikbud.go.id), tetap dilaksanakan. Selain UN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan melakukan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) sebagai pembaharu Ujian Sekolah (US). Perubahan US menjadi USBN lebih sebagai peningkatan mutu Ujian Sekolah.

USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional) adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah untuk mata pelajaran tertentu dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan untuk memperoleh pengakuan atas prestasi belajar.

Soal-soal USBN disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Agama. Soal-soal yang disiapkan sebanyak 20-25% butir soal, sedangkan 75-80% disiapkan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di bawah koordinasi dinas pendidikan sesuai dengan kewenangannya.

Soal USBN mengacu pada kisi-kisi USBN yang dibuat oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Bentuk soal USBN terdiri atas Pilihan Ganda (PG) dan Uraian.

Hasil USBN menjadi salah satu kriteria penentu kelulusan siswa oleh sekolah yang ditetapkan melalui rapat dewan guru.

Hasil USBN akan dimanfaatkan untuk pemetaan mutu pendidikan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota serta sebagai bahan pembinaan dan pemberian bantuan kepada sekolah.

USBN tidak diselenggarakan di jenjang Sekolah Luar Biasa dan Pendidikan Kesetaraan, khusus siswa SMK program 4 (empat) tahun dapat mengikuti USBN jika telah menyelesaikan proses pembelajaran selama 3 (tiga) tahun terlebih dahulu.

Persyaratan peserta USBN:

  1. Terdaftar pada tahun terakhir jenjang pendidikan di sekolah tertentu
  2. Memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada sekolah tertentu mulai semester 1 (satu) tahun pertama sampai dengan semester 1 (satu) tahun terakhir
  3. Siswa yang memiliki ijazah atau surat keterangan lain yang setara dari sekolah. Penerbitan ijazah sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun sebelum mengikuti ujian sekolah

diktinewseditorial

Sumber foto: korananda.com

 

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.