Enter your keyword

post

UI Siapkan Mobil Difabel bagi Sivitas

UI Siapkan Mobil Difabel bagi Sivitas

UI menyediakan layanan gratis mobil antarjemput bagi mahasiswa dan staf yang menggunakan kursi roda dalam kesehariannya.

Untuk sementara, hanya tersedia 1 unit mobil yang di parkir di halaman parkiran Pusat Administrasi Universitas UI Depok.

“Estimasi kami 1 mobil difabel ini akan bisa mengangkut 5 orang mahasiswa/staf bergantian untuk pengantaran di lingkungan UI Depok. Tinggal masalah pengaturan jadwal saja,” ujar Dr. Ir. Gandjar Kiswanto. M.Eng, Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas UI.

Program penyediaan mobil difabel ini sebenarnya sudah dicanangkan pada awal tahun 2015, dan mulai aktif dijalankan per September 2015. Saat ini mobil ini sudah aktif mengantar jemput salah seorang mahasiswa UI berkebutuhan khusus setiap harinya.

“Data mahasiswa/staf berkebutuhan khusus kami dapatkan dari panitia penerimaan jalur khusus UI,” tambahnya.

Saat ini, untuk mahasiswa, setiap harinya mobil ini akan menjemput dari Asrama UI Depok ke area parkir gedung kuliah untuk mengikuti perkuliahan. Saat pulang dari kegiatan kampus, mobil ini juga akan menjemput dan mengantarkan kembali ke Asrama.

Untuk staf UI, yang baru dapat disediakan adalah penjemputan dan pengantaran antargedung di lingkungan kampus UI Depok.

Karena keterbatasan jumlah unit dan pengemudi, saat ini jam operasional mobil ini dibatasi hanya sampai jam 8 malam.

Walaupun saat ini pemberian fasilitas dilakukan atas dasar inisiatif institusi, mahasiswa/staf yang ingin menggunakan fasilitas gratis ini juga dapat mengajukan diri langsung.

Caranya adalah dengan membuat surat permohonan fasilitas atas nama individu atau surat rekomendasi dari pihak fakultas yang langsung diajukan kepada Direktur Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas UI, lantai 3 Rektorat UI.

Mobil ini merupakan salah satu bagian dari program Pengembangan Pemenuhan Sarana dan Prasarana yang Ramah Difabel di UI.

Program ini terdiri dari penyediaan dan pembangunan fasilitas ramah difabel di seluruh lingkungan kampus UI, mulai dari toilet, transportasi, jalan, asrama, dan bangunan.

Mobil ini dikembangkan secara mandiri oleh Direktorat Pengelolaan dan Pemeliharaan Fasilitas dengan melibatkan 2 orang alumni dari Departemen Teknik Mesin – FTUI, Teguh Santoso dan Ko Matias.

Secara bertahap, diharapkan nantinya UI akan diisi oleh infrastruktur disabilitas yang lain sehingga UI sebagai sebuah institusi pendidikan benar-benar bisa menyediakan lingkungan pendidikan yang nyaman untuk semua orang.

Penulis : Wanda Ayu

Sumber: http://www.ui.ac.id/berita/ui-siapkan-mobil-difabel-bagi-civitas.html

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.