Enter your keyword

post

Tips Memilih Program Studi Kuliah

Tips Memilih Program Studi Kuliah

Menyandang status sebagai mahasiswa dan mahasiswi pasti memberikan kebanggaan tersendiri. Impian setiap anak SMA adalah memasuki perguruan tinggi terfavorit, apalagi perguruan tinggi itu memberikan prestise tidak hanya pada dirinya tetapi juga keluarganya.

Di sinilah pemikiran yang jernih dan matang dibutuhkan untuk memilih jurusan dan perguruan mana yang akan diambil. Persoalan yang paling sering dihadapi adalah bimbang dalam memilih ke mana harus melanjutkan dan jurusan apa yang harus dipilih.

Minimnya pengetahuan tentang jurusan kuliah, tidak tahu akan kemampuannya sendiri, masih ragu dengan bidang yang diminati, desakan orangtua untuk masuk perguruan tinggi negeri atau swasta ternama, hanya mengikuti teman, dan gengsi yang tinggi, membuat banyak calon mahasiswa yang akhirnya salah pilih jurusan.

Jurusan yang sesuai dengan minat harusnya menjadi patokan, tetapi banyak calon mahasiswa, terutama orangtuanya, memilih jurusan bukan berdasarkan minat, melainkan gengsi dan mimpi iming-iming pendapatan besar.Alhasil, banyak jurusan yang salah diambil. Jika salah ambil jurusan, akibatnya bisa cukup fatal.

Di awal kuliah mungkin masih menyenangkan barena bertemu dengan teman-teman baru, memulai suatu hal yang baru, dan beradaptasi dengan lingkungan yg baru. Materi yang diberikan di semester-semester awal juga tidak memberatkan karena masih berupa pengenalan materi. Semua itu karena masih dalam masa orientasi dari masa SMA.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, materi yang diajarkan juga pasti akan semakin mendalam. Mau tidak mau kalian harus menyesuaikan diri dengan semua tuntutan perkuliahan dan tingkat kesulitan disiplin ilmu masing-masing. Di sinilah rasa berat dan penolakan akan muncul. Kalian menjadi cepat bosan dengan apa yang disampaikan yang berujung pada banyaknya keluhan. Karena tidak sesuai dengan minat, rasa malas pun bermunculan. Tidak hanya itu, perasaan malas mengerjakan tugas-tugas, sering bolos kelas, tidak serius kuliah, bahkan sampai mendapat prestasi yang buruk, tidak lulus, dan harus mengulang mata kuliah yang sama sangat mungkin terjadi jika dari awal kalian salah pilih jurusan.

Untuk meminimalisasi dan mencegah salah pilih jurusan pada saat masuk ke perguruan tinggi, beberapa tips ini bisa diterapkan.

Pahami diri kalian sendiri

Berpikirlah secara jernih dan matang tentang bidang mana yang menjadi passion/minat kalian. Bermimpi dan bayangkan ingin jadi seperti apa di masa depan. Jika masih belum bisa menemukannya, kalian bisa meminta bantuan pada guru BK atau mengikuti tes minat untuk mengetahui minat, bakat, dan kecerdasan pribadi.

Jangan memilih karena didesak

Jika didesak oleh orangtua untuk masuk ke jurusan yang tidak sesuai dengan minat kalian. Berusahalah untuk meyakinkan mereka dan pertahankan apa yang kalian inginkan karena pada akhirnya kalianlah yang akan menjalaninya. Meskipun begitu, tetap harus disesuaikan dengan keuangan orangtua.

Carilah informasi sebanyak-banyaknya

Berusahalah mendapatkan informasi yang banyak mengenai jurusan-jurusan yang ada. Pelajarilah apa saja yang ditawarkan dan dipelajari pada masing-masing jurusan. Kemudian lihat apakah sesuai dengan bidang yang kalian mau, serta bagaimana prospek ke depan.

Pikirkan jangka panjang

Selalu memikirkan jangka panjang. Jangan hanya melihat karena tempatnya enak, ikut-ikutan teman, atau bahkan karena bisa mendapatkan status yang keren. Pikirkan bahwa hal ini menyangkut masa depan kalian dan apa yang bisa diperbuat di masa depan.

Pertimbangkan fisik dan mental

Fisik dan mental juga merupakan hal yang penting dan berpengaruh. Pilihlah jurusan yang memang sesuai dengan fisik dan mental kalian. Agar nantinya tetap bisa bertahan dan tidak berhenti di tengah jalan.

Urutkan pilihan jurusan yang diinginkan dan memungkinkan

Bagi kalian yang memiliki banyak alternatif pilihan jurusan, tulislah dan urutkanlah mulai dari bidang yang paling disenangi dan kesempatan untuk diterima tinggi. Setelah itu, seleksi satu-persatu berdasarkan passion dan hasil try out. Setelah mempertimbangkannya dari segala sisi, kalian pasti akan menemukan satu pilihan yang paling sesuai.

Intinya, jadilah mahasiswa dan mahasiswi yang kelak dapat mencintai jurusan yang kalian pilih agar bisa profesional di bidangnya. Karena segala sesuatu yang dilakukan dengan senang hati dan sesuai dengan minat, pasti akan memberikan hasil yang memuaskan pula. Semoga sukses!

Sumber artikel: citizen6.liputan6.com

Sumber foto:http://khairaalfatih.blogspot.co.id/2016/01/tips-memilih-jurusan-di-sma-ipa-atau-ips.html

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.