Enter your keyword

post

Membaca Peluang Pada Pilihan Ke-2 dan Ke-3 SBMPTN

Membaca Peluang Pada Pilihan Ke-2 dan Ke-3 SBMPTN

Dalam SNMPTN, kamu pasti sering mengenal istilah “PTN yang gak mau dinomorduakan”. Artinya siswa yang memilih PTN di Pilihan I, akan lebih diprioritaskan untuk lolos. Hasilnya, mayoritas siswa yang diterima di SNMPTN, diterima di Pilihan I mereka. Berdasarkan survei SNMPTN, 96% diterima di PTN pilihan I, siswanya 4% diterima di PTN Pilihan II nya.

Nah apakah hal tersebut juga berlaku di SBMPTN?

 

Sekilas tentang aturan pemilihan jurusan SBMPTN

Dalam SBMPTN, kamu dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya yaitu 3 (tiga) program studi. Kamu bisa memilih ketiga program studi tersebut di PTN yang sama, atau beda semua. Urutan dalam pemilihan program studi yang kamu pilih menyatakan prioritas pilihan.

 

Apakah peluang diterima SBMPTN pilihan pertama, kedua dan ketiga sama?

Untuk mengetahui hal tersebut, kakak melakukan survei kepada siswa yang diterima di SBMPTN 2015 kemarin. Survei ini terdiri dari 1.563 responden yang diterima di berbagai PTN di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei, terlihat bahwa jumlah penerimaan di masing-masing pilihan relatif berimbang. Diterima SBMPTN di pilihan pertama ada 38%, diterima SBMPTN di pilihan kedua ada 34% dan diterima SBMPTN di pilihan ketiga ada 28%.

Sekarang bandingkan persentasenya dengan SNMPTN.

Perbedaannya jauh banget kan? Di SNMPTN, PTN sangat memprioritaskan siswa yang memilih PTN sebagai pilihan I. Dengan melihat perbandingan penerimaan SBMPTN tersebut, secara umum terlihat bahwa peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 adalah relatif sama besar. Artinya PTN gak terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga.

 

Penerimaan Berdasarkan Pilihan di beberapa PTN

Okay, sekarang secara umum sepakat ya kalau PTN gak terlalu mempermasalahkan apakah PTN tersebut ditempatkan di pilihan kedua atau ketiga. Nah bagaimana dengan PTN-PTN tertentu yang menjadi favorit? Apakah PTN favorit juga memperlakukan siswa yang menempatkannya di pilihan 1,2 atau 3.

Kakak mencoba menyortir data di beberapa PTN favorit (yang gak ada di chart di bawah, belum tentu gak favorit ya, soalnya kalo dicantumin semua lama nyortirnya)

 

Persentase Penerimaan SBMPTN UI

Dari 1.563 responden, ada 104 responden yang diterima di UI. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UI pilihan pertama ada 65%, pilihan kedua 26% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

 

Persentase Penerimaan SBMPTN UGM

Dari 1.563 responden, ada 71 responden yang diterima di UGM. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UGM pilihan pertama ada 63%, pilihan kedua 27% dan pilihan ketiga 10%.

Hampir sama seperti UI, persentase siswa yang diterima di pilihan I UGM relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%).

 

Persentase Penerimaan SBMPTN ITB

Dari 1.563 responden, ada 73 responden yang diterima SBMPTN di ITB. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN ITB pilihan pertama ada 73%, pilihan kedua 18% dan pilihan ketiga 9%.

Persentase siswa yang diterima di pilihan I diatas UI maupun UGM dan tentu saja relatif jauh lebih tinggi dari total SBMPTN secara keseluruhan (38%), hampir dua kali lipat.

Salah satu alasannya mungkin adanya program peminatan di ITB, siswa yang memilih program studi tertentu akan diprioritaskan diterima. Nah kalo jurusan yang kamu minati di ITB termasuk dalam program peminatan, kamu wajib banget kirimkan form peminatan tersebut.

 

Persentase Penerimaan SBMPTN UNPAD

Dari 1.563 responden, ada 184 responden yang diterima di UNPAD. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNPAD pilihan pertama ada 31%, pilihan kedua 43% dan pilihan ketiga 26%.

Nah data ini cukup menarik mengingat lebih banyak siswa yang diterima di pilihan kedua dibandingkan pilihan pertama. Persentase yang diterima di pilihan I bahkan setengahnya dari persentasi UI, ITB atau UGM.

 

Persentase Penerimaan SBMPTN UNAIR, UNDIP, IPB

Dari 1.563 responden, ada 54 responden yang diterima di UNAIR. Dari data tersebut, yang diterima di SBMPTN UNAIR pilihan pertama ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%.

Meskipun menurut akun officialnya UNAIR memprioritaskan pilihan I, tetapi pada kenyataannya, lebih dari separuh diterima UNAIR di pilihan II dan III.

Untuk UNDIP persentase diterima di pilihan I ada 48%, pilihan kedua 32% dan pilihan ketiga 20%. Sedangkan IPB persentase diterima di pilihan I ada 37%, pilihan kedua 37% dan pilihan ketiga 26%.

 

Apa artinya?

1. Jangan menganggap remeh pilihan 2 dan 3

Banyak siswa yang asal memilih ketika memilih jurusan sebagai pilihan kedua dan ketiganya. Padahal, sesuai dengan penjelasan di atas, peluang diterima pilihan 2 dan 3 juga besar. Banyak kasus salah jurusan atau demotivasi kuliah karena hal ini. Jangan asal milih pilihan 2 dan 3 agar “yang penting kuliah”, tapi pilihlah jurusan yang apabila diterima, pasti akan kamu ambil dan jalani dengan suka cita.

2. Kalau bisa jangan mengosongkan pilihan 2 dan 3

Dengan besarnya peluang diterima di pilihan kedua dan ketiga, menurut kakak sih sayang banget apabila pilihan tersebut dikosongkan. Mungkin ada di antara kamu yang fanatik dengan jurusan dan PTN yang kamu incar. Misal kamu pengen kuliah di FK UI, titik! Sehingga mengosongi pilihan ke-2 dan ke-3. Padahal dua pilihan lainnya itu bisa kamu isi di Universitas lain yang gak kalah keren.

3. Kenapa Peluang diterima SBMPTN di pilihan 1, 2 dan 3 gak selalu sama besar?

Kalau kamu lihat di keseluruhan PTN, memang kalau di total, persentase yang diterima di PTN pilihan pertama, kedua, dan ketiga secara umum berimbang. Akan tetapi, kalau kamu persempit cakupannya di PTN tertentu, bisa jadi persentasenya berbeda. Seperti yang terlihat di data di atas, di PTN big three (UI, UGM, ITB), persentase diterima di pilihan I berkisar antara 67-73%. Sedangkan PTN favorit lainnya “non big three”, persentase diterima di pilihan I juga dominan, tetapi masih di bawah 50%.

Kenapa bisa seperti itu? Ada 2 kemungkinan:

  1. Perbedaan jumlah pendaftar di masing-masing pilihan cukup signifikan. Misal di PTN big three, mayoritas mahasiswa yang diterima masuk dari pilihan I mungkin saja karena mayoritas pelamar menempatkannya di pilihan I.
  2. Kemungkinan ada prioritas lebih bagi pelamar yang menempatkan jurusan incarannya sebagai pilihan I. Akan tetapi, Kemungkinan ini tidak bersifat mengikat mengingat keputusan penerimaan mahasiswa baru benar-benar murni berdasarkan hasil perhitungan nilai ujian SBMPTN dan kebijakan masing-masing PTN. Jadi kamu tidak usah takut untuk menempatkan jurusan incaranmu di pilihan II atau III.

 

 

Sumber: halokampus.com

Penulis sumber: Ari Candra Arista

Sumber foto: http://ngampuuz.com/2016/05/14/teruntuk-dedek-dedek-gemesh-sma-mendaftar-kuliah/

No Comments

Add your review

Your email address will not be published.