Enter your keyword

Konsultasi Program Studi

Menjadi ironis bila saat ini baik calon mahasiswa maupun yang sudah masuk di perguruan tinggi berdasarkan riset internal kami 87% mahasiswa di Indonesia merasa ambil program studi yang salah … ??? Memang tidak bisa dipungkiri memilih program studi di perguruan tinggi seperti memilih jodoh, memilih program studi kuliah juga salah satu keputusan terbesar dalam hidup kamu.

“Salah program studi” tidak selalu bikin masa depan kamu hancur, sih, tapi sudah pasti akan mempengaruhi hidup dan pola pikir kamu kedepannya. Belum lagi buang membuang waktu, pikiran dan biaya. Banyak orang sampai rela repot-repot pindah program studi (dan mengulang masa kuliah), hanya karena merasa tidak yakin dengan pilihannya.

Supaya hal ini tidak terjadi di kamu, Diktinews.com mengajak kamu menanyakan 5 hal ini ke dirimu sendiri, sebelum kamu membuat keputusan soal program studi yang ingin kamu jadikan keputusan penting dalam hidupmu !

  1. Kenapa kamu ingin kuliah di program studi ini? Kita sering menerima ataupun mengambil keputusan memilih jurusan kuliah karena pengaruh orang-orang terdekat, seperti orang tua, guru ataupun teman kelompok atau pribadi. Tidak salah juga, sih. Niat mereka pasti sebenarnya baik. Masalahnya, hanya karena program studi tersebut cocok untuk mereka—atau mereka punya kenalan yang sukses di program studi tersebut—bukan berarti program studi itu cocok juga buat kita.
    Intinya jangan mau didikte orang lain soal program studi kuliah, ini ‘kan hidup kamu. Kalau akhirnya kamu tidak cocok dengan program studi tersebut sampai kuliah kamu jeblok, trus stuck tidak bisa mendapat pekerjaan yang oke, memangnya mereka mau nanggung?
    Pelajaran: Pahami betul minat dan bakat kamu apa. Cari tahu soal tokoh-tokoh sukses dalam bidang yang kamu minati, untuk kamu jadikan panutan.
  2. Apa saja hal-hal yang dipelajari dalam program studi ini? Banyak calon mahasiswa sering mengalami miskonsepsi program studi kuliah? Miskonsepsi program studi kuliah itu sering terjadi. Contohnya jurusan Hubungan International sering dikira sama dengan jurusan Hubungan Masyarakat ? #Gagal paham…. Alhasil, dikira akan belajar tentang ilmu public relations, kok jadinya banyak belajar tentang konflik-konflik luar negeri. Waduh, ngurusin konflik hidup sendiri saja belum beres, apalagi ngurusin konflik negara lain!
    Pelajaran: Riset tentang jurusan yang kamu minati secara mendalam. Apa aja syarat lulusnya? Apa saja kelas-kelas yang wajibnya?
  3. Sejauh apa kamu tahu tentang program studi ini tepatkah dan sesuaikah untuk karir dan masa depan? Mungkin kamu tertarik dari marketing Kampus yang bilang program studi ini OK karena secara sekilas tampak keren, “katanya” pelajarannya gampang, “katanya” lulusannya cepat dapat kerja, “katanya” ini dan itu, “katanya”. J-a-n-g-a-n p-e-r-c-a-y-a! Banyak banget calon mahasiswa memilih sebuah program studi kuliah berdasarkan anggapan umum dan “katanya-katanya” begitu. Eeeh, ternyata kuliahnya nggak sesuai ekspektasi. Alhasil, belajar jadi tidak semangat, pas lulus pun susah dapat kerja yang sesuai. PHP ni, yeee.
    Pelajaran: Tentukan bidang yang kamu minati, pelajari, lalu cari tahu jurusan- program studi kuliah yang berkaitan dengan bidang itu jangan lupa riset peluang karir di bidang yang kamu minati, baik peluang sekarang ini maupun peluang di 5-10 tahun mendatang. Riset juga tentang program studi lain yang masih “sejalan” dengan bidang incaran kamu tersebut. Trus, bikin, deh, plus-minus masing-masing program studi tersebut.
  4. Program studi yang kamu minati unggul di kampus mana saja? Program studi “andalan” setiap kampus, berbeda-beda, karena latar belakang dan visi misi setiap kampus juga berbeda-beda. Misalnya, kalau kamu tertarik dengan bidang Broadcasting ataupun PR, maka kuliah di Indonusa Esa Unggul ataupun London School PR lebih relevan daripada kuliah di FISIP Universitas Pajajaran.
    Pelajaran: Musti tahu, jalur peta program studi incaran kamu adanya di program studi “andalan” kampus-kampus dimana saja….Cara lain ngobrol sebanyak-banyaknya dengan senior yang sedang/ pernah menjalani kuliah di program studi incaran kamu! Tanya-tanya sebanyaknya, dan mintalah nasehat-nasehat berfaedah dari mereka.
  5. Apakah karakter dirimu sesuai dan akan mahir dalam bidang ini? Membaca lowongan kerja apapun memang menggiurkan prospek kerjanya. Namun ini peringatan terakhir ! Jangan pernah memilih sebuah program studi kalau memang nggak sesuai minat dan karakter kamu. Jangan kuliah BISNIS kalau ndak suka memikirkan strategi, ndak kreatif, dan nggak betah bekerja di lapangan terus-terusan karena cepat capek dan tidak tahan panas matahari. Hal-hal begini sering disepelekan, lho, hingga ujung-ujungnya bikin si mahasiswa stres.
    Pelajaran: Cari tahu profil dan karakter program studi kuliah pilihan kamu dengan detil, trus cocokkan dengan kekurangan dan kelebihan kamu. Simpel, ‘kan? Jangan lupa perlu cari tahu dimana, bagaimana cara kerja di lapangan pekerjaan itu nantinya sehingga kamu sudah membayangkan tempat Magang yang memberikan kesesuaian dengan program studimu.

Setelah kamu mendapatkan semua jawaban atas 5 pertanyaan diatas. Sekarang saatnya putuskan yang terbaik untukmu, jangan lupa minta doa restu orangtuamu agar semakin ringan langkahmu….
Bila kesulitan memutuskan, hubungi Diktinews.com, karena kami ingin membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan bersama, didukung Tim yang terdiri Motivator, Akademisi,Psikolog dll. Keinginan kami untuk memberikan bimbingan dan arahan sesuai minat dabn bakatmu. Layanan kami seperti :

  • Jasa layanan “Temukan Bakat” dari ciri fisik lahirmu
  • Jasa bimbingan masuk ujian tertulis maupun lisan ke program studi pilihan
  • Jasa bimbingan dan motivasi membangun mental sesuai pilihan program studi yang akan ditempuh
  • Jasa bimbingan proses penerimaan masuk ke perguruan tinggi baik dalam maupun luar negeri yang dipilih ( orang tua siapkan biaya, seluruh persiapan masuk perguruan tinggi, akomodasi dan transportasi akan kami urus dengan baik …. )
  • Jasa monitoring studi dan karir setelah lulus karena kerjasama yang erat dengan Top Career Company.

Kirimkan masalahmu jangan lupa identitas dirimu dengan mengisi aplikasi yang disediakan atau hubungi :

Doddy WP (08119912199)

 

 

————————-
————————-